Sebagai langkah strategis dalam memperkuat hubungan bilateral, Indonesia telah berpartisipasi sebagai Mitra Negara di India Gaming Show (IGM) 2024, yang diselenggarakan di Pune, Maharashtra. Partisipasi Indonesia dalam acara ini tidak hanya sebagai bentuk peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan India, tetapi juga sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.
Pasar gim India diproyeksikan mencapai USD 5 miliar pada tahun 2025, dan kehadiran Indonesia di India Gaming Show 2024 memberikan peluang bagi pengembang gim Indonesia untuk memperluas pasar mereka, terutama di India. Paviliun Indonesia di acara ini menampilkan empat studio gim terkemuka dari Indonesia, yaitu Hexaplay, Anantarupa, Ginger Sun Studio, dan Marica, serta dihadiri oleh Asosiasi Pengembang Gim Indonesia (AGI).
Konsul Jenderal Republik Indonesia di Mumbai, Edy Wardoyo, menyatakan komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan India, terutama dalam sektor perdagangan, investasi, dan industri kreatif. Adanya kesamaan akar budaya antara kedua negara diharapkan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi penerimaan produk gim Indonesia di India.
Salah satu pencapaian penting dari pameran ini adalah pertukaran Perjanjian Non Disclosure Agreement (NDA) antara studio Anantarupa dan Jio Games untuk lisensi eksklusif dan penerbitan gim Lokapala di India melalui Ekosistem Jio Games. Selain itu, Ginger Sun Studio mendapatkan komitmen awal untuk kerja sama penerbitan dengan Soft Source Publisher untuk gim “Unrivaled Heroes” senilai USD 40.000, dan studio Hexaplay sedang memfinalisasi NDA dengan Brinc Accelerator India untuk kerja sama penerbitan bersama gim Null Horizon. Hexaplay juga menerima indikasi proyek IP untuk mengembangkan gim turunan dari serial film Karthikeyan yang diproduksi oleh anak perusahaan Brinc Accelerator.
Acara gim terbesar di India ini juga menampilkan grand slam Moba Counterstrike, dengan partisipasi tim Indonesia Garuda Wisnu, yang menarik perhatian sekitar 100.000 penonton virtual di hari pertama melalui kanal Skyesport. Grand slam ini menonjolkan tema “Peringatan 75 Tahun Hubungan Diplomatik RI-India” di Grand Slam Arena sebagai pesan utama.