Kegiatan FLOKS 2024 telah berlangsung dengan sukses sejak 20 November 2024, melibatkan pelajar dari berbagai jenjang, mulai dari TK hingga SMA, yang tergabung dalam Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Arab Saudi, yaitu Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah, dan Sekolah Indonesia Mekkah. Acara ini memberikan ruang bagi para siswa untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam dua bidang utama: bahasa dan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).
Dalam sambutannya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Badrus Sholeh, menjelaskan bahwa FLOKS merupakan platform yang mendukung penguatan portofolio siswa, khususnya dalam bidang bahasa dan STEM. Menurutnya, salah satu keunggulan dari acara ini adalah keterlibatan tiga SILN di Arab Saudi serta kerjasama erat antara pemerintah dan sektor non-pemerintah, termasuk universitas-universitas di Indonesia dan Arab Saudi. Kolaborasi ini tentu memberikan dampak positif dalam pengembangan kompetensi siswa.
Badrus juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pemangku kepentingan yang terlibat, seperti SEAMEO, SEAMOLEC, SEAQIS, dan SEAQIL, yang telah berkontribusi dalam penyusunan soal dan pembinaan kepada para guru dalam bidang STEM, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Tak ketinggalan, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Arabic for All, IMLA, serta para guru SILN Arab Saudi, dosen dari universitas di Indonesia, dan tentu saja, para siswa yang menunjukkan antusiasme luar biasa selama lomba.
Seno Hartono, Kepala Kelompok Kerja Layanan dan Fasilitasi Luar Negeri, dalam pidato penutupan, mengungkapkan bahwa FLOKS memberikan peluang yang lebih besar bagi para siswa untuk mengasah kemampuan mereka. Dengan format daring, lomba ini membuka akses yang lebih luas dan diharapkan dapat memotivasi para pelajar untuk terus mengembangkan kemampuan mereka dalam berbagai bidang. Sugiri Suparwan, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Riyadh, menambahkan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam membekali siswa dengan keterampilan bahasa, serta sains, teknologi, dan matematika, yang akan sangat berguna baik untuk kelanjutan studi maupun karier profesional mereka ke depan.
Dengan total 276 peserta yang mengikuti kompetisi dalam dua bidang utama, FLOKS menawarkan 29 mata lomba di bidang bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) dan 5 mata lomba di bidang STEM. Kategori lomba bahasa mencakup berbagai kompetisi menarik seperti debat, pidato, mendongeng, serta berbagai lomba menyanyi dan permainan kata dalam bahasa Inggris dan Arab. Di bidang STEM, para peserta berkompetisi dalam tantangan konstruksi dan animasi.
Dalam hasil lomba, Sekolah Indonesia Riyadh meraih total 68 medali, termasuk 25 medali emas, dan dengan perolehan tersebut, mereka dinobatkan sebagai juara umum. Sekolah Indonesia Jeddah dan Sekolah Indonesia Mekkah juga tidak kalah bersaing dengan masing-masing meraih 79 dan 72 medali. Prestasi ini menunjukkan bakat luar biasa dari para siswa SILN di Arab Saudi, yang tidak hanya menguasai bidang akademis tetapi juga berani berinovasi dalam berbagai kompetisi.
Ketua Panitia FLOKS 2024 dan guru Bahasa Inggris di Sekolah Indonesia Riyadh, Wilman Septiana, menyatakan bahwa kegiatan ini telah berhasil mengumpulkan bakat-bakat terbaik di bidang STEM dan bahasa. Semua peserta menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa, dan dia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut untuk mendorong perkembangan kemampuan siswa dalam berinovasi dan berkreasi.
Secara keseluruhan, FLOKS 2024 bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan kesempatan berharga bagi siswa-siswa Indonesia di luar negeri untuk terus mengembangkan potensi mereka, mempersiapkan diri untuk tantangan global yang lebih besar, dan mempererat hubungan antar lembaga pendidikan di Indonesia dan Arab Saudi.