Melangkah ke Pasar Global: Indonesia Sampaikan Perkembangan Industri Pakaian Jadi dalam Dengar Pendapat Umum USITC

Ranitya Kusumadewi, Atase Perdagangan di Washington DC, menghadiri sebuah kegiatan dengar pendapat umum yang berkaitan dengan investigasi mengenai daya saing ekspor pakaian jadi dari beberapa negara pemasok utama Amerika Serikat (AS). Kegiatan ini diselenggarakan oleh United States International Trade Commission (USITC) pada Senin (11/3) secara hibrida.

Menurut Ranitya, keikutsertaan Indonesia dalam kegiatan ini penting untuk memanfaatkan kesempatan dalam menyampaikan informasi terkait industri pakaian jadi Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mendorong AS untuk meningkatkan pengadaan produk pakaian jadi dari Indonesia. Investigasi ini dilakukan oleh USITC berdasarkan permintaan US Trade Representative (USTR) terhadap lima negara, termasuk Indonesia, Bangladesh, Kamboja, India, dan Pakistan.

Dalam investigasi ini, USITC meminta negara-negara tersebut untuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan perdagangan pakaian jadi ke AS, profil industri masing-masing negara, pola pangsa pasar dan perdagangan, serta informasi terkait lainnya. Laporan hasil investigasi ini akan disampaikan kepada USTR pada 30 Agustus 2024.

Pada kegiatan dengar pendapat ini, Indonesia menyampaikan beberapa poin penting, antara lain bahwa industri pakaian jadi Indonesia memegang peran penting sebagai pemasok global dengan 70 persen produksinya diekspor. Indonesia juga menawarkan kesempatan bisnis yang baik karena terus mengembangkan industri berdasarkan inovasi dan teknologi, serta memiliki infrastruktur pendukung dan tenaga kerja berkualitas.

Selain itu, sektor pakaian jadi telah dijadikan salah satu sektor prioritas dalam peta jalan ‘Making Indonesia 4.0’. Ranitya menutup dengan mengingatkan bahwa pasar AS adalah pasar tujuan utama ekspor pakaian jadi Indonesia, sehingga perlu memperhatikan tren ke depan pasar AS yang menekankan pada kualitas dan aspek ethical business.

Data menunjukkan bahwa AS merupakan pasar terbesar bagi ekspor industri pakaian jadi Indonesia, dengan nilai ekspor pada tahun 2022 mencapai USD 5,47 miliar atau 57.2 persen dari total ekspor pakaian jadi Indonesia ke dunia. Pakaian jadi merupakan salah satu ekspor utama Indonesia ke AS, dengan tren peningkatan sekitar 3 persen antara 2018 hingga 2022. Di sisi lain, Indonesia merupakan negara sumber impor pakaian jadi ke-5 terbesar di AS, dengan pangsa pasar 5,35 persen.

Share this post :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Create a new perspective on life

Your Ads Here (365 x 270 area)
Latest News
Categories

Subscribe our newsletter

Purus ut praesent facilisi dictumst sollicitudin cubilia ridiculus.

Home
Search
Explore
Menu
×