Menuju Kenaikan: Proyeksi Meningkatnya Penjualan Eceran pada Januari 2024

Proyeksi kinerja penjualan eceran pada Januari 2024 menunjukkan peningkatan yang positif, dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh sebesar 3,7 persen secara tahunan (year on year/yoy), mencapai 216,0. Hal ini disampaikan oleh Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, yang menyoroti pertumbuhan tersebut terutama pada kelompok Barang Lainnya, terutama pada Subkelompok Sandang, Perlengkapan Rumah Tangga, dan Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Meskipun demikian, secara bulanan, diprakirakan terjadi kontraksi sebesar 1,0 persen (month to month/mtm), yang sejalan dengan normalisasi permintaan setelah periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru, serta dipengaruhi oleh faktor cuaca. Penurunan terutama terjadi pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Sandang, Barang Budaya dan Rekreasi, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Pada bulan Desember 2023, IPR menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 0,2 persen (yoy), mencapai 218,1, yang didukung oleh penjualan pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga, dan Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran pada Desember 2023 tumbuh sebesar 4,9 persen (mtm), yang sejalan dengan peningkatan permintaan selama periode HBKN dan libur tahun baru, serta strategi potongan harga dari pedagang eceran. Peningkatan ini terutama terjadi pada Subkelompok Sandang, Barang Budaya dan Rekreasi, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Erwin juga menjelaskan perihal ekspektasi harga, di mana Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) untuk Maret 2024 mengalami peningkatan, didorong oleh ekspektasi kenaikan harga menjelang bulan Ramadan. Namun, IEH untuk Juni 2024 menunjukkan penurunan, dipengaruhi oleh kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan yang mendukung pembentukan harga yang lebih rendah.

Dengan demikian, proyeksi kinerja penjualan eceran pada Januari 2024 menunjukkan gambaran yang optimis, namun perlu diperhatikan faktor-faktor eksternal seperti cuaca dan kondisi pasar global untuk memahami pola pertumbuhan selanjutnya.

Share this post :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Create a new perspective on life

Your Ads Here (365 x 270 area)
Latest News
Categories

Subscribe our newsletter

Purus ut praesent facilisi dictumst sollicitudin cubilia ridiculus.

Home
Search
Explore
Menu
×