Smesco Indonesia bermitra dengan Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia dalam mempromosikan produk kuliner dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam Halal Expo yang diadakan secara rutin di Inggris.
Menurut Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada, Halal Expo merupakan salah satu event terkemuka di Inggris. Mada mengungkapkan bahwa Smesco telah didorong secara konsisten oleh pihak Kedubes Inggris untuk memasukkan produk UMKM ke dalam Halal Expo.
Dia menjelaskan bahwa Smesco melihat Halal Expo sebagai kesempatan yang baik untuk memasuki pasar ekspor kuliner Indonesia, terutama ke Eropa, serta menjangkau pembeli dari Afrika yang turut hadir dalam acara tersebut.
Salah satu tantangan utama dalam ekspor produk kuliner UMKM ke Inggris adalah keamanan pangan. Ini diungkapkan oleh Head of Low Carbon dari Kedubes Inggris untuk Indonesia, Lanto Jones. Kolaborasi antara Smesco Indonesia, Kedubes Inggris, dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang bermanfaat bagi industri makanan dan minuman Indonesia, terutama dalam meningkatkan standar produk dan memperluas pasar internasional.
Barikatul Hikmah Albar Salim, Manager Program Future Cities dari Kedutaan Inggris Raya, menambahkan bahwa tantangan bisnis antara Inggris dan Indonesia terutama terkait dengan standar keamanan pangan dan persyaratan halal. Namun, dia menyatakan bahwa UMKM atau individu kecil memiliki potensi untuk memasuki pasar Inggris selama mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
Dengan demikian, Smesco diharapkan dapat mendorong UMKM untuk mengambil langkah dalam memasuki pasar Inggris, dengan memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh acara Halal Expo dan dukungan dari pihak Kedubes Inggris dan GAPMMI.